1. Mengenal negeri Belanda

LETAK GEOGRAFIS BELANDA

Belanda terletak di bagian Barat Laut Eropa.
Di sebelah timur, Belanda berbatasan dengan Jerman,
Di sebelah selatan, Belanda berbatasan dengan Belgia
Di sebelah barat, Belanda berbatasan dengan Laut Utara.

 

Letak negara Belanda yang strategis dan berada di tengah-tengah Eropa membuatnya mudah untuk dikunjungi atau mengunjungi negara lain yang secara letaknya kebetulan berdekatan dengan Belanda seperti Jerman, Belgia dan Perancis. Salah satu yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya yang datar / rata. Banyak tanah rendah yg dikawal oleh dijk ( dinding laut ) Sedangkan Polder adalah sebidang tanah yg rendah dan dikelilingi tanggul / timbunan tertentu untuk menahan air / banjir yang akan melanda daerah tersebut. Belanda dikenal sebagai ‘lage landen’ / disebut juga negeri dataran rendah dimana kedudukannya memang berada dibawah laut. Tak heran bila di negeri mungil ini terdapat banyak dam yang menahan air laut.

Bendungan pertama dibangun Belanda seribu tahun lalu, danau-danau dikeringkan, polder dibuat, dan ketinggian air dikontrol agar daratan Belanda tetap mengapung. Memang luar biasa daya juang Belanda dalam mengendalikan dan bertarung melawan alam. Tiga belas bendungan raksasa dibangun secara bertahap selama 39 tahun. Bendungan pertama selesai dibangun pada 1958 di Sungai The Hollandse Ijssel, sebelah timur Rotterdam. Kemudian dibangun bendungan The Ooster Dam (The Oosterschelde Stormvloedkering), yang panjangnya hampir mencapai 11 kilometer. Bendungan ini membentengi seluruh daratan Zeeland yang langsung berhadapan dengan bagian Laut Utara. Bendungan terakhir yang selesai dibangun adalah The Maeslantkering pada tahun 1997 yang tepatnya berada di muara Nieuwe Waterweg, ( kanal yang menjadi gerbang masuk ke Pelabuhan Rotterdam ) Permukaan tertinggi dari Belanda ialah di Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Sedangkan permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.

Salah satu konstruksi yang terkenal ialah “Afsluitdijk” (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m. Negara ini dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.


” Groot Rijkswapen”
Lambang Agung Kerajaan Belanda

Gambar diatas ini lambang pribadi monarki Belanda. pemerintah Belanda menggunakan versi yang lebih kecil tanpa mantel atau paviliun, bahkan terkadang hanya menampilkan perisai & mahkota. Komponen gambar lambang negara diatur oleh Ratu Wilhelmina melalui dekrit kerajaan pada tanggal 10 Juli 1907 dan dikukuhkan oleh Ratu Juliana dalam dekrit kerajaan tanggal 23 April 1980.

Perisai berwarna biru azure, dengan lambang singa bermahkota di tengah. Singa di tengah pada cakar kanannya menggenggam sebilah pedang, pada cakar kirinya menggenggam tujuh batang anak panah. Tujuh batang anak panah melambangkan tujuh provinsi anggota persekutuan Utrecht. Perisai ini dimahkotai sebuah mahkota kerajaan Belanda dan ditopang oleh dua singa yang mengapit pada kedua sisinya. Singa ini berdiri di atas pita biru dengan tulisan “Je Maintiendrai” ( Dalam bahasa Perancis di abad pertengahan berarti : “Aku akan bertahan” )

Mantel monarki dicampirkan di atas lambang ini, ditengahnya membentuk semacam atap paviliun yang juga dimahkotai oleh sebuah mahkota kerajaan. Dalam dekrit kerajaan, jika pewaris takhta adalah seorang laki-laki, maka ia boleh mengganti mahkota di atas perisai dengan helm gaya baju zirah kerajaan Eropa serta lambang Nassau.

Belanda sebagai negara republik tidak memiliki Presiden seperti negara lain, namun Belanda memiliki seorang Ratu sebagai kepala negara. Para menteri yang dikepalai seorang perdana menteri dan bersama dengan sang Ratu turut serta menjalankan roda pemerintahan. Ratu & parlemen pemerintahan berkedudukan di kota Den Haag. Karena negara Belanda adalah negara demokrasi, maka setiap 4 tahun sekali rakyat belanda boleh memilih anggota parlemen. Para anggota parlemen membicarakan rencana pemerintahan yg akan datang.

Bendera Nasional belanda

Bendera ini diperkenalkan oleh pemerintahan sejak 1572. Desainnya merupakan triwarna horizontal merah, putih, dan biru. Semacam pita dengan ukuran yang sama, dari atas ke bawah, merah (resmi digambarkan sebagai “terang vermilion “, putih sebagai “perak” dan biru sebagai “Cobalt blue”

Bendera ini merupakan desain bendera triwarna tertua. Bendera Perancispun diubah menjadi triwarna vertikal untuk menghindari kebingungan dengan bendera Belanda. Bendera Belanda digunakan sejak 20 Maret 1602 – 08 Maret 1942 (340 tahun) Sejak tahun 1937, bendera secara resmi menjadi bendera nasional dari kerjaan Belanda.

Penguasa pertama dari Republik Belanda adalah ‘Willem van Oranje’ yang bergabung dengan nasionalis Belanda dan memimpin perjuangan kemerdekaan dari Spanyol. Untuk menghormatinya, bendera pertama kali diadopsi oleh Belanda adalah tricolor horizontal orange, putih, dan biru. Ini dikenal sebagai Prinsenvlag (“Bendera sang Pangeran”) dan didasarkan pada seragam dari Willem van Oranje. Warna jeruk terutama tidak stabil dan cenderung berubah menjadi merah setelah beberapa saat, sehingga di-17 abad pertengahan, merah dibuat warna resmi. Bendera telah terbang sejak saat itu, tetapi telah dikonfirmasikan oleh Royal Keputusan hanya pada tahun 1937, pada saat yang sama parameter warna yang tepat didefinisikanSebagai bendera revolusioner pertama, memiliki pengaruh di seluruh dunia, terutama pada warna Pan Slavia dari Rusia.

Bendera ” Royal Standart “

Variasi “lain” bendera Belanda

Variasi “lama” bendera Belanda

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

SEKILAS SEJARAH NEGERI KINCIR ANGIN BELANDA 

Di bawah pemerintahan Karel V (kaisar Romawi Suci dan raja Spanyol) kawasan ini (kini Belanda) merupakan salah satu dari 17 daerah Belanda, yaitu daerah yang meliputi sebagian besar kawasan yang dikenal hari ini sebagai Belgia, Luxemburg dan Utara Perancis. Selepas mendapat kemerdekaan dari Phillip II (anak lelaki Karel V) pada 1648, Belanda menjadi sebuah negara republik yang dinamakan Republik Tujuh Propinsi (Republiek der Zeven Provincien). Republik ini menjadi penguasa ekonomi dan penjelajah laut yang mahir pada abad ke 17. Zaman ini dikenal sebagai Zaman Keemasan Belanda. Antara perusahaan-perusahaan internasional yang berawal di sini termasuk VOC. Belanda pernah mempunyai beberapa koloni, salah satu yang paling ternama adalah Nederlands-Indie (yakni Indonesia) dan Suriname yang ditukar dengan Nieuw Amsterdam, atau sekarang dikenal dengan New York oleh Kerajaan Inggris . Koloni ini pertama diadministrasi oleh Vereeinigde Oost-Indische Compagnie (VOC) dan West-Indische Compagnie (WIC atau resminya adalah Geoctroyeerde West-Indische Compagnie (GWIC)), keduanya adalah dua perusahaan milik pribadi. Tiga abad kemudian, perusahaan ini mendapat kesulitan finansial dan teritori dimana mereka beroperasi diambil alih oleh pemerintahan Belanda (pada tahun 1815 dan 1791). Pada saat inilah daerah tersebut menjadi koloni resmi pemerintahan Belanda. Belanda masuk ke dalam Kekaisaran Perancis oleh Napoleon Bonaparte, yang kemudian dibebaskan selepas kekalahannya. Selepas itu, Kerajaan Belanda didirikan pada 1815 dengan meliputi kawasan yang dikenali pada hari ini sebagai Belgia dan Luxemburg. Belgia mendapat kemerdekaan pada 1830, sedangkan Luxemburg berpisah selepas kematian Raja Willem III. Pada abad ke-19, Belanda sudah menjadi sebuah negara industri yang sebanding dengan negara negara tetangganya.Pada abad ke-19. Belanda dapat dikategorikan ‘lamban’ dalam proses industrialisasi jika dibandingkan oleh negara tetangganya, terutama karena ketergantungannya terhadap infrastruktur air dan kekuatan angin. Belanda bersifat netral semasa Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Belanda ditaklukkan oleh Nazi pada Mei 1940 pada saat perang dunia ke II, dan memaksanya untuk menjadi anggota sekutu. Belanda secara sekejap dalam masa itu untuk didominasi oleh Nazi. Lebih dari 100000 Yahudi-Belanda dibunuh semasa itu. Perkumpulan Bersenjata Abad ke-21 (The 21st Century Army Group) melaksanakan operasi militer yang bertujuan untuk membebaskan Belanda setelah pertentangan oleh warga Normandy, Inggris, Kanada, Polandia dan Amerika yang bertempur di Belanda mulai dari tahun 1944 sampai Belanda dibebaskan tahun 1945. Selepas perang, ekonomi Belanda menjadi semakin maju dengan Belanda menjadi anggota Benelux dan Komunitas Eropa. Belanda juga menjadi anggota NATO.Belanda merupakan negara perintis Uni Eropa saat pendirian organisasi itu pada 1992.}

Willem van Oranje

 

Willem van Oranje adalah seorang bangsawan ambisius yang berubah menjadi seorang pemimpin pemberontakan dan kemudian diakui sebagai “Bapak Bangsa”, pendiri negara Belanda yang baru. Beliau sendiri tidak pernah bermaksud mendirikan sebuah negara yang merdeka. Willem lahir tahun 1533 di Kastil Dillenburg (Jerman). Orangtuanya menganut keyakinan Lutheran, tetapi ketika beliau mewarisi gelar Oranje (di Prancis) pada tahun 1544 dan mendapat gelar “Pangeran” , kaisar Charles V bersikeras bahwa sang pangeran muda dibesarkan sebagai seorang Katolik. Karena alasan ini, sejak usia dua belas tahun, Willem tinggal di istana kerajaan di Brussels. Beliau dididik berbahasa Prancis oleh lingkungan barunya karena sesuai dengan martabat barunya. Sejak tahun 1555 dan seterusnya, Willem van Oranje meraih berbagai posisi yang tinggi. Sebagai seorang komandan militer, anggota Dewan Negara, Ksatria het Orde van de Gulden Vlies dan gubernur Holland, Zeeland dan Utrecht, beliau menjadi salah seorang bangsawan paling berpengaruh di Benelux (Belanda, Belgia, Luxembourg). Namun, hubungannya dengan Philip II, penerus Charles V, cepat memburuk. Willem menjadi juru bicara para bangsawan yang membentuk partai oposisi. Mereka menuntut agar hukuman terhadap para pembangkang dikurangi dan menentang munculnya pegawai pemerintah profesional dalam administrasi negara. Munculnya pegawai pemerintah yang baru menandakan bahwa kaum bangsawan kehilangan posisi tradisional mereka. Setelah terjadinya kerusuhan penghancuran berhala di gereja-gereja, Willem melarikan diri ke Dillenburg. Dari tempat inilah, mulai tahun 1568 dan seterusnya, beliau melakukan beberapa serangan militer ke Benelux (Belanda, Belgia. Luxembourg) untuk menaklukkan kekuasaan Pangeran Alva. Beliau juga menggunakan propaganda (pamflet, lagu-lagu mars, kartun) dalam peperangan tersebut. Salah satu produk dari masa ini adalah lagu kebangsaan Belanda, Wilheminus. Willem tidak memperoleh banyak kemenangan pada awalnya. Baru ketika para Pengemis Laut menangkap Den Briel secara tidak sengaja pada tanggal 1 April 1572 barulah kaum Pemberontak memperoleh dukungan yang luas. Berlawanan dengan perkiraan banyak kalangan, kaum Pemberontak di Holland dan Zeeland bertahan cukup lama, sebagian besar karena keteguhan hati Willem van Oranje. Melalui Perdamaian Ghent tahun 1576 kaum pemberontak bahkan berhasil membuat beberapa kesepakatan dengan berbagai propinsi. Impian Willem van Oranje tampaknya dapat teraih : pengembalian tujuh belas bagian negara Benelux Burgundian kepada kekuasaan kaum bangsawan, dan penyelesaian berbagai konflik agama, berdasarkan toleransi. Namun demikian, usaha penyatuan itu tidak bertahan lama. Pada tahun 1580, Philip II memberikan hadiah bagi siapa yang dapat menyerahkan Willem van Oranje. Reaksi Willem adalah dengan menulis Apologie (pembelaan diri), sementara Jendral Negara-negara Bagian yang memberontak menyampaikan sebuah Plakkaat van verlatinghe (plakat perpisahan). Kedua dokumen ini mempunyai pesan yang sama : perlawanan mereka dianggap layak karena raja bersikap sebagai seorang tiran. Pada tanggal 10 Juli 1584 seorang Katolik, Balthasar Gerards, menembak Willem van Oranje dan kemudian mengakhiri hidupnya sendiri. Willem belum meraih apapun, namun kurang dari dua puluh lima tahun kemudian berbagai propinsi yang memberontak berubah menjadi sebuah Republik yang penuh percaya diri dan Willem van Oranje dianggap sebagai Bapak Pendiri dari negara yang baru tersebut.

LETAK DAN PETA NEGERI KINCIR ANGIN BELANDA

 

12 PROVINSI YANG ADA DI BELANDA

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Groningen :
Appingedam – Bedum – Bellingwedde – De Marne – Delfzijl – Eemsmond – Groningen – Grootegast – Haren – Hoogezand-Sappemeer – Leek – Loppersum – Marum – Menterwolde – Pekela – Reiderland – Scheemda – Slochteren -Stadskanaal – Ten Boer – Veendam – Vlagtwedde – Winschoten – Winsum – Zuidhorn

Ibukota : Groningen

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Friesland :
Achtkarspelen – Ameland – Boornsterhem – Bolsward – Dantumadeel – Dongeradeel – Ferwerderadeel – Franekeradeel – Gaasterland-Sloten – Harlingen – Heerenveen – Het Bildt – Kollumerland en Nieuwkruisland – Leeuwarden – Leeuwarderadeel – Lemsterland – Littenseradeel – Menaldumadeel – Nijefurd – Ooststellingwerf – Opsterland – Schiermonnikoog – Scharsterland – Smallingerland – Sneek – Terschelling – Tietjerksteradeel – Vlieland – Weststellingwerf – Wonseradeel – Wymbritseradeel

Ibukota : Leeuwarden

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Drenthe :
Aa en Hunze – Assen – Borger-Odoorn – Coevorden – De Wolden – Emmen – Hoogeveen – Meppel – Midden-Drenthe – Noordenveld – Tynaarlo – Westerveld

Ibukota : Assen

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Overijssel :
Almelo – Bathmen – Borne – Dalfsen – Deventer – Dinkelland – Enschede – Haaksbergen – Hardenberg – Hellendoorn – Hengelo – Hof van Twente – Kampen – Losser – Oldenzaal – Olst-Wijhe – Ommen – Raalte – Rijssen-Holten – Staphorst – Steenwijkerland – Tubbergen – Twenterand – Wierden – Zwartewaterland – Zwolle

Ibukota : Zwolle

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Flevoland :
Almere – Dronten – Lelystad – Noordoostpolder – Urk – Zeewolde

Ibukota : Lelystad

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Gelderland :
Aalten – Angerlo – Apeldoorn – Arnhem – Barneveld – Bergh – Beuningen – Borculo – Brummen – Buren – Culemborg – Didam – Dinxperlo – Doesburg – Doetinchem – Druten – Duiven – Ede – Eibergen – Elburg – Epe – Ermelo – Geldermalsen – Gendringen – Gorssel – Groenlo – Groesbeek – Harderwijk – Hattem – Heerde – Hengelo – Heumen – Hummelo en Keppel – Lichtenvoorde – Lingewaal – Lingewaard – Lochem – Maasdriel – Millingen aan de Rijn – Neder-Betuwe – Neede – Neerijnen – Nijkerk – Nijmegen – Nunspeet – Oldebroek – Overbetuwe – Putten – Renkum – Rheden – Rijnwaarden – Rozendaal – Ruurlo – Scherpenzeel – Steenderen – Tiel – Ubbergen – Voorst – Vorden – Wageningen – Warnsveld – Wehl – West Maas en Waal – Westervoort – Wijchen – Winterswijk – Wisch – Zaltbommel – Zelhem – Zevenaar – Zutphen

Ibukota : Arnhem

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Utrecht :
Abcoude – Amersfoort – Baarn – Breukelen – Bunnik – Bunschoten – De Bilt – De Ronde Venen – Eemnes – Houten – IJsselstein – Leusden – Loenen – Lopik – Maarssen – Montfoort – Nieuwegein – Oudewater – Renswoude – Rhenen – Soest – Utrecht – Utrechtse Heuvelrug – Veenendaal – Vianen – Wijk bij Duurstede – Woerden – Woudenberg – Zeist

Ibukota : Utrecht

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Noord Holland :
Aalsmeer – Alkmaar – Amstelveen – Amsterdam – Andijk – Anna Paulowna – Beemster – Bennebroek – Bergen – Beverwijk – Blaricum – Bloemendaal – Bussum – Castricum – Den Helder – Diemen – Drechterland – Edam-Volendam – Enkhuizen – Graft-De Rijp – Haarlem – Haarlemmerliede en Spaarnwoude – Haarlemmermeer – Harenkarspel – Heemskerk – Heemstede – Heerhugowaard – Heiloo – Hilversum – Hoorn – Huizen – Landsmeer – Langedijk – Laren – Medemblik – Muiden – Naarden – Niedorp – Noorder-Koggenland – Obdam – Oostzaan – Opmeer – Ouder-Amstel – Purmerend – Schagen – Schermer – Stede Broec – Texel – Uitgeest – Uithoorn – Velsen – Venhuizen – Waterland – Weesp – Wervershoof – Wester-Koggenland – Wieringen – Wieringermeer – Wijdemeren – Wognum – Wormerland – Zaanstad – Zandvoort – Zeevang – Zijpe

Ibukota : Haarlem

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Zuid Holland :
Alblasserdam – Albrandswaard – Alkemade – Alphen aan den Rijn – Barendrecht – Bergambacht – Bergschenhoek – Berkel en Rodenrijs – Bernisse – Binnenmaas – Bleiswijk – Bodegraven – Boskoop – Brielle – Capelle aan den IJssel – Cromstrijen – Delft – Den Haag (‘s Gravenhage) – Dirksland – Dordrecht – Giessenlanden – Goedereede – Gorinchem – Gouda – Graafstroom – ‘s-Gravendeel – Hardinxveld-Giessendam – Hellevoetsluis – Hendrik-Ido-Ambacht – Hillegom – Jacobswoude – Katwijk – Korendijk – Krimpen aan den IJssel – Leerdam – Leiden – Leiderdorp – Leidschendam-Voorburg – Liemeer – Liesveld – Lisse – Maassluis – Middelharnis – Midden-Delfland – Moordrecht – Nederlek – Nieuw-Lekkerland – Nieuwerkerk aan den IJssel – Nieuwkoop – Noordwijk – Noordwijkerhout – Oegstgeest – Oostflakkee – Oud-Beijerland – Ouderkerk – Papendrecht – Pijnacker-Nootdorp – Reeuwijk – Ridderkerk – Rijnsburg – Rijnwoude – Rijswijk – Rotterdam – Rozenburg – Sassenheim – Schiedam – Schoonhoven – Sliedrecht – Spijkenisse – Strijen – Ter Aar – Valkenburg – Vlaardingen – Vlist – Voorhout – Voorschoten – Waddinxveen – Warmond – Wassenaar – Westland – Westvoorne – Zederik – Zevenhuizen-Moerkapelle – Zoetermeer – Zoeterwoude – Zwijndrecht

Ibukota : Den Haag

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Zeeland :
Borsele – Goes – Hulst – Kapelle – Middelburg – Noord-Beveland – Reimerswaal – Schouwen-Duiveland – Sluis – Terneuzen – Tholen – Veere – Vlissingen

Ibukota : Middelburg

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Noord Brabant :
Aalburg – Alphen-Chaam – Asten – Baarle-Nassau – Bergeijk – Bergen op Zoom – Bernheze – Best – Bladel – Boekel – Boxmeer – Boxtel – Breda – Cranendonck – Cuijk – Deurne – Dongen – Drimmelen – Eersel – Eindhoven – Etten-Leur – Geertruidenberg – Geldrop-Mierlo – Gemert-Bakel – Gilze en Rijen – Goirle – Grave – Haaren – Halderberge – Heeze-Leende – Helmond – ‘s-Hertogenbosch (Den Bosch) – Heusden – Hilvarenbeek – Laarbeek – Landerd – Lith – Loon op Zand – Maasdonk – Mill en Sint Hubert – Moerdijk – Nuenen, Gerwen en Nederwetten – Oirschot – Oisterwijk – Oosterhout – Oss – Reusel-De Mierden – Roosendaal – Rucphen – Schijndel – Sint Anthonis – Sint-Michielsgestel – Sint-Oedenrode \par – Someren – Son en Breugel – Steenbergen – Tilburg – Uden – Valkenswaard – Veghel – Veldhoven – Vught – Waalre – Waalwijk – Werkendam – Woensdrecht – Woudrichem – Zundert

Ibukota : Den Bosch / s-Hertogenbosch

Kota kota yang termasuk dalam provinsi Limburg :
Ambt Montfort – Arcen en Velden – Beek – Beesel – Bergen – Brunssum – Echt-Susteren – Eijsden – Gennep – Gulpen-Wittem – Haelen – Heel – Heerlen – Helden – Heythuysen – Horst aan de Maas – Hunsel – Kerkrade – Kessel – Landgraaf – Maasbracht – Maasbree – Maastricht – Margraten – Meerlo-Wanssum – Meerssen – Meijel – Mook en Middelaar – Nederweert – Nuth – Onderbanken – Roerdalen – Roermond – Roggel en Neer – Schinnen – Sevenum – Simpelveld – Sittard-Geleen – Stein – Swalmen – Thorn – Vaals – Valkenburg aan de Geul – Venlo – Venray – Voerendaal – Weert

Ibukota : Maastricht

 

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

IKLIM DAN CUACA DI NEGERI BELANDA

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya yg menyebabkan iklim kepulauan yg sederhana, dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang sederhana. Meski penduduk Belanda sudah terbiasa dengan hujan, namun iklim dan cuaca di Belanda dikenal sebagai ‘wisselvallig weer’ ( cuaca tidak menentu & mudah berubah ubah ) Jadi lebih amannya kita selalu harus membawa jaket ( di musim panas sekalipun) dan payung lipat untuk mengantisipasi cuaca belanda yg tidak menentu.

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

                 4 MUSIM DI BELANDA

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞
” De Lente ”
Musim Semi – Dimulai tanggal 21 Maret hingga tanggal 21 Juni
” De Zomer ”
Musim Panas – Dimulai tanggal 21 Juni hingga tanggal 23 September
” De Herfst ”
Musim Gugur – Dimulai tanggal 23 September hingga tanggal 21 Desember
” De Winter “
Musim Dingin – Dimulai tanggal 21 Desember hingga tanggal 21 Maret

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

Daylight Saving Time (DST) diEropa

∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞

Daylight saving time adalah perubahan atau pergeseran waktu di belahan Eropa pada waktu musim panas secara resmi dan dilakukan secara serentak. Waktu resmi dimajukan (biasanya) satu jam lebih awal dari zona waktu resmi dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah. Perubahan waktu tersebut dilakukan seiring dengan berkurangnya waktu siang hari ketika memasuki musim dingin. Jika di musim panas, waktu siang hari jauh lebih panjang dibandingkan malam hari (bisa mencapai 16 jam), maka di musim dingin matahari bersinar paling lama 10 jam saja. Hal ini bisa terjadi karena negara-negara Eropa secara geografis berada disebelah utara khatulistiwa, dimana sinar matahari menyinari kawasan ini secara tidak merata setiap hari sepanjang tahunnya.

Hal ini berbeda dengan negara-negara yang berada di khatulistiwa seperti Indonesia yang dapat menerima pancaran sinar matahari secara merata selama 12 jam setiap harinya sepanjang tahun.
Untuk menyesuaikan dengan perubahan cuaca tersebut, maka para ahli di Eropa & Amerika menyepakati untuk melakukan perubahan jam sebanyak 2x dalam setahun, yaitu saat memasuki musim panas dan saat memasuki musim dingin.

Pada tahun 2010 Daylight Saving Time (DST) untuk Amerika mulai pada hari Minggu tanggal 14 Maret hingga hari Minggu tanggal 7 November, sedangkan negara-negara Eropa mulai pada hari Minggu tanggal 28 Maret hingga Minggu tanggal 31 Oktober

Menjelang musim panas di Eropa
Kapan : Setiap hari Minggu terakhir ( 28 Maret )
Bagaimana : Jam penanda waktu dipercepat 1 jam.

Menjelang musim dingin di Eropa
Kapan : Setiap hari Minggu terakhir ( 31 Oktober )
Bagaimana : jam penanda waktu diperlambat 1 jam.

Belanda / Netherlands atau juga yang lebih dikenal dengan Negeri kincir angin memang memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi turis asing ataupun para imigran dari luar negeri. Keterbukaan dan keramahan penduduknya, banyaknya perguruan tinggi yang berkualitas, terompah kayu atau disebut juga kelompen, kincir angin, bunga tulip, sepeda, warna oranye, keju bahkan tanggul sudah menjadi ciri tersendiri bagi negeri cantik molek ini. Karena itulah negeri Belanda termasuk kedalam daftar negara terpadat didunia. Hubungan antara bangsa Indonesia dengan belanda saat ini cukup baik memang tak dapat dipungkiri bahwa sejarah politik masa lalu yang kelam tak dapat dilupakan begitu saja. Masa lalu tetaplah menjadi bagian dari sejarah negara kita tercinta.

Namun seiring dengan berkembangnya peradaban dunia & makin modernnya teknologi, hubungan antara kedua negara semakin mudah. Hubungan bilateral dan kebersamaan antar bangsa menjadi hal terpenting dalam era milenium ini. Ditambah lagi banyaknya pria berkebangsaan belanda yang menikahi wanita Indonesia membuat siapapun yang datang ke Belanda tak lagi merasa asing. Warga Belanda sudah tebiasa menikmati beraneka ragam kuliner nusantara karena bahan bahannyapun kini mudah didapatkan di toko asia / supermarket terdekat. Restoran Indonesia dan banyaknya komunitas Indonesia di Belanda juga sudah tersebar dimana mana. Bisa dibilang warga asli Belanda sudah terbiasa & menerima pendatang asal Indonesia dengan tangan terbuka. Sifat bebas liberal penduduknya membuat Belanda layak mendapat sebutan ‘masyarakat internasional’ yg mengutamakan kebebasan berpendapat juga berekspresi.

next.png

11 Comments

Leave a comment